Pakaian Adat Kalimantan Timur

Macam-macam pakaian Adat Kalimantan Timur

1. Pakaian Adat Kustin

Pakaian Adat Kustin ini berasal dan dipakai oleh suku Kutai loh Bornean. Pakaian Adat Kalimantan Timur yang satu ini merupakan salah satu busana resmi pernikahan jaman dulu. Perlu diketahui Bornean Kustin ini berasal dari bahasa Kutai yang berarti Busana. Busana yang ditampilkan dari Kustin ini sungguh elok dan mewah dibalut dengan bahan dasar beludru hitam yang dipasang dodot rambut bundar berhiaskan lambang wapen. Untuk wanita biasanya dipadukan dengan rambut yang disanggul layaknya adat Jawa.

Baju Kustim

2. Pakaian Adat Ta’a dan Sapei Sapaq

Pakaian ini berasal dari Dayak Kalimantan Timur ni Bornean lebih khususnya Dayak Kenyah yang merupakan suku Dayak Mayoritas di Kalimantan Timur. Untuk wanita pakaian ini diberi nama Ta’a dengan diberi ikat kepala yang terbuat dari Pandan serta baju atasan Inog dan roknya. Sedangkan untuk pria dinamakan Sape Sapaq. Apabila dilihat sekilas pakaian antara wanita dan pria ini seperti sama tetapi ada perbedaanya loh Bornean. Dilihat lagi dengan seksama perbedaannya dari rompi serta celana dalam ketat dan yang terakhir aksesoris senjata tradisional Kalimantan Timur.

Pakaian Ta'a Sapei Sapaq

3. Pakaian Adat Bulang Kuurung

Pakaian ini Bornean merupakan pakaian adat suku Dayak. Baju ini memiliki 2 penamaan yaitui tanpa lengan yang dinamakan dekot tangan (pakaian dengan lengan pendek) serta lengke (pakaian dengan lengan panjang). Biasanya pakaian ini hanya digunakan dan dipakai oleh para dukun dari Kalimantan TImur.

Pakaian Bulang Kuurung

4. Pakaian Adat Bulang Burai King

Bulang Burai King ini Bornean merupakan baju dayak yang sangat terkenal di Kalimantan Timur. Hampir semua keluarga dayak mempunyai pakaian adat yang satu ini ni Bornean dikarenakan pakaian ini merupakan pakaian wajib upacara adat Dayak. Desainnya yang unik dan istimewa dengan banyaknya hiasan manik-manik  dipadukan dengan hiasan kepala serta tangan terbuat dari bulu burung Enggang yang ditata indah berjuntai-juntai menambah aksen rupawan dan tradisional ya Bornean?

Pakaian Adat Kaltim

5. Pakaian Adat Sakai

Baju Sakai mempunyai keunikan dan keanggunannya tersendiri ni Bornean, khususnya untuk busana yang di kenakan oleh wanita. Dengan model desain kebaya lengan panjang dan pada bagian bawahannya memakai Tapeh Badong, ciri khas batik Celup Kutai, memakai kalung tiga susun dan memakai kembang goyang tiga cabang, di atas sanggul yang bernama Tapak Langit yang dililit bunga melati dan juga memakai Tajok mawar.
Untuk menyelaraskan seiring perkembangannya, maka pria juga menggunakan busana Sakai , yang mana dulunya hanya ada busana Sakai untuk wanita, cantik ya Bornean?

Baju Sakai

https://borneochannel.com/pakaian-adat-kalimantan-timur/amp/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Nuzulul Qur'an

Cerita fabel: Raja Burung Parkit(Aceh)

Puisi Kesuksesan