Tips menabung untuk anak sekolahan

Cara Menabung yang Baik untuk anak SMA/SMK

Cara Menabung yang Baik untuk Anak SMA
Sebagai seorang pelajar SMA atau SMK yang masuk pada fase remaja tentu terkadang hasrat untuk membeli sesuatu sedang sering terjadi. Akan tetapi bagi seorang pelajar untuk dapat membeli apa yang diinginkan terkadang butuh perjuangan. Hal ini dikarenakan pelajar belum memiliki penghasilan selain dari uang saku sekolah dan belum tahu cara menabung yang baik.
Satu satunya cara untuk dapat membeli apa yang diinginkan adalah dengan menabung. Akan tetapi menabung pun bukan masalah yang mudah dipecahkan, terkadang sudah menabung tapi uang tak kunjung terkumpul, alhasil barang yang diinginkan tak kunjung dimiliki. Bagi Anda para pelajar SMA atau SMK yang sedang bertekad kuat untuk menabung, berikut adalah cara menabung yang baik bagi anak sma yang dapat Anda praktikan mulai besok.

Menentukan Alasan Menabung

Hal yang menjadi dasar untuk menabung adalah alasannya, dengan Anda memikirkan alasan mengapa Anda harus menabung, untuk apa uang tersebut akan dipergunakan hal itu dapat memotivasi Anda untuk konsisten menyisihkan uang Anda. Dengan adanya target yang ingin Anda capai Anda juga dapat menjadi lebih semangat untuk mengumpulkan uang tersebut, misalnya Anda menabung karena ingin membeli sepatu baru, hal tersebut akan memotivasi Anda untuk uang guna memperoleh target yang Anda inginkan.

Menyisihkan Uang Jajan

Jika Anda seorang pelajar, tentu masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan tambahan untuk dapat dikumpulkan, salah satu cara paling efektif adalah dengan menyisihkan uang jajan Anda, Anda dapat mencoba cara untuk menyisihkan uang misalnya dari awal Anda berangkat sekolah Anda hanya membawa separuh uang jajan Anda, separuh lagi Anda simpan di rumah. Cara ini dapat menjadi cara menabung yang baik karena Anda mau tidak mau tidak dapat menggunakan uang lebih dari uang yang Anda bawa.

Jangan Malu Membawa Bekal

Jika Anda berniat untuk menabung maka jangan pernah malu untuk membawa makanan dan minuman ke sekolah, saat jam makan siang Anda tidak perlu membeli makan di kantin Anda dapat menggunakan uang makan Anda untuk ditabung karena Anda sudah memiliki bekal makan dan minum, sebenarnya untuk membawa makanan ke sekolah lazim dilakukan pelajar di jepang, mereka biasa membawa bekal makanan atau yang disebut bento. Mereka akan makan bento bersama teman teman lain. Cara itu dapat Anda tiru supaya Anda dapat menghemat uang untuk di tabung.
Jika sudah membawa makan dan minum tahanlah nafsu Anda untuk membeli cemilan, karena bisa jadi uang yang tak terpakai untuk membeli makanan berat justeru terpakai untuk membeli makanan ringan, seperti camilan, minuman dingin, atau makanan ringan lain.

Pergilah Ke Perpustakaan Saat Jam Istirahat

Pergi ke perpustakaan selain Anda dapat membaca buku dan menambah ilmu Anda juga dapat berhemat, bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena perpustakaan bisa mengalihkan Anda dari canteen yang bisa membuat Anda menghabiskan uang untuk membeli minuman atau makanan ringan, alihkan perhatian Anda ke perpustakaan, cari bacaan yang membuat Anda tertarik, atau Anda dapat membaca buku fiksi sehingga waktu tak terasa akan berlalu, Anda bisa mendapat ilmu sekaligus menabung.

Berjualan Alat Tulis

Apa sih kebutuhan pokok dari seorang pelajar? Tentu saja tak jauh dari alat tulis bukan? Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang Anda memperoleh uang tambahan selain dari uang saku, tentu ada saatnya seorang siswa kehabisan pulpen atau bolpoin. Jualan alat tulis bisa menjadi cara menabung yang baik.
Tidak perlu malu Anda dapat memberitahu teman kelas Anda bahwa Anda berjualan alat tulis, dijamin jika teman kelas Anda sedang membutuhkan alat tulis pasti akan membeli perlengkapan tersebut pada Anda, karena tidak perlu pergi jauh atau berjalan kaki untuk membeli alat tulis,karena Anda sudah menjualnya.

Jangan Tergoda untuk Membeli Sesuatu yang Tidak Dibutuhkan.

Sebagai seorang remaja pasti Anda mulai tertarik untuk membeli sesuatu bagi anak perempuan masa SMA adalah masa dimana Anda mulai ingin berpakaian rapih, membeli barang-barang yang lucu atau bagi anak laki-laki pun mungkin sudah ada ketertarikan untuk membeli pakaian entah kaos, kemeja atau jaket atau buku bacaan seperti komik, namun saat Anda ingin mulai menabung.
Tahanlah keinginan Anda terlebih dahulu, ingat tujuan Anda untuk mengumpulkan uang, jangan membeli sesuatu yang tidak ada pada daftar mengapa Anda perlu untuk menabung. Fokuslah pada tujuan Anda, jika ingin membeli sesuatu pastikan itu karena kebutuhan Anda bukan keinginan Anda. Jika Anda menuruti keinginan Anda maka uang yang Anda tabung tidak akan bertambah atau bisa jadi justru semakin berkurang karena Anda menggunakan uang tersebut untuk sesuatu yang tidak diperlukan.

Sibukan Diri dengan Ekstrakurikuler

Yang perlu Anda ingat adalah seringkali uang yang Anda miliki habis karena Anda sering menghabiskan waktu diluar rumah pergi bersama teman-teman Anda, tentu saat pergi bersama teman-teman sering kali pengeluaran Anda tidak terkendali, Anda harus membeli makan atau minum, mengeluarkan uang untuk transport, atau tanpa disadari Anda membeli sesuatu yang tidak diperlukan.
Dengan Anda mengikuti ekstrakurikuler Anda dapat mencegah pengeluaran tambahan tersebut, Anda disibukan dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah Anda sehingga Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak diperlukan, dengan mengikuti eks
ekstrakurikuler pun Anda bisa mendapatkan uang jajan tambahan sehingga Anda dapat menabung lebih banyak, Anda juga akan memperoleh ilmu, teman baru dan kegiatan positif karena ekstrakulikuler yang Anda lakukan.
Yang terpenting dalam menabung adalah konsisten, Anda harus konsisten pada tujuan Anda jika Anda tidak konsisten untuk menyisakan uang, maka tabungan Anda akan sulit untuk bertambah, jangan sampai Anda menyerah ditengah jalan karena godaan godaan untuk menghabiskan uang yang Anda miliki.
Beberapa cara di atas dapat Anda coba jika Anda ingin menabung dengan baik supaya tabungan Anda dapat bertambah dengan cara berhemat.
.
.
.

https://www.modalrakyat.id/blog/cara-menabung-yang-baik-untuk-anak-sma

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Nuzulul Qur'an

Cerita fabel: Raja Burung Parkit(Aceh)

Puisi Kesuksesan